Sel. Okt 20th, 2020
Tiga Turnamen Bulutangkis Asia Resmi Ditunda Hingga 2021

Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF telah memutuskan untuk menunda 3 Turnamen Besar Asia yang rencananya bergulir tahun ini. Pergeseran jadwal tersebut berlaku hingga tahun 2021 mendatang.

Sebenarnya, sudah banyak turnamen besar Bulutangkis Internasional Tahun ini yang harus ditunda karena pandemi covid-19 yang masih melanda.

Thomas dan Uber cup 2020 adalah salah satunya, dimana Turnamen yang harusnya digelar di Denmark pada awal Oktober mendatang tersebut harus ditunda sampai tahun 2021 mendatang.

THAILAND JADI TUAN RUMAH

Dalam pernyataan resminya beberapa waktu lalu BWF menerangkan bahwa keputusan tersebut disebabkan oleh mundurnya para kontestan termasuk Indonesia salah satunya.

Sedangkan di Asia sendiri rencananya akan ada tiga kompetisi yang berlangsung tahun ini, diantaranya Asia Open I, Asia Open II, dan BWF World Tour yang semuanya direncanakan berlangsung pada November tahun ini.

Saat itu, tuan rumah untuk ketiga turnamen masih belum ditentukan. Indonesia sempat mengajukan diri, tapi dibatalkan sering dengan pengunduran diri Tim Merah Putih di ajang Thomas dan Uber Cup.

ALASAN PENUNDAAN

Pada akhirnya, BWF menunjuk Thailand untuk menjadi tuan rumah di ajang Asia Terbuka dan BWF World Tour. Hanya saja, pada pengumuman Kamis (24/09) lalu, mereka memastikan bahwa turnamen baru dapat digelar pada Januari 2021 mendatang.

Hal ini dikarenakan BWF memberi waktu kepada Tuan Rumah Thailand untuk menuntaskan persiapan terkait protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Federasi Bulutangkis Dunia dan Asosiasi Bulutangkis Thailand, serta pemerintah Thailand, masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan studi kelayakan penyelenggaraan turnamen sesuai protokol kesehatan COVID-19,” bunyi dalam laman resmi BWF.

Seiring dengan keputusan tersebut, maka artinya hanya ada satu turnamen lagi yang tersisa di sepanjang kalander BWF 2020 ini, tak lain adalah Denmark Open. Rencananya, turnamen itu akan digelar pada 13 sampai 18 Oktober 2020 mendatang.

Adapun Berikut jadwal baru tiga turnamen Asia:

Asia Open I (Super 1000) : 12-17 Januari 2021
Asia Open II (Super 1000) : 19-24 Januari 2021
HSBC BWF World Tour Finals 2020 : 27-31 Januari 2021

Sumber : terbit.com

error: