Kam. Okt 22nd, 2020
Shuttlecock Sintetis

Infobadminton.com – Berita Bulutangkis – Mulai tanggal 20 Januari 2020, federasi badminton internasional (BWF) telah membuat keputusan besar untuk memberlakukan shuttlecock sintetis untuk semua pertandingan badminton di dunia. Keputusan tersebut turut merubah peraturan besar sebelumnya dimana pertandingan badminton lebih sering menggunakan shuttlecock alami yang terbuat dari bulu angsa.

BWF tidak sembarangan dalam membuat keputusan tersebut. Dilansir dari The Guardian, BWF mengambil keputusan tersebut untuk memberikan efek positif bagi jangka panjang terutama bagi kelestarian angsa. Apa efek angsa dan shuttlecock? Selain itu, apa dampak positif yang bisa dirasakan ketika shuttlecock sintetis dipakai?

Shuttlecock sintetis dapat berimbas positif terhadap ekonomi dan kelestarian angsa

Dalam riset yang dilakukan oleh BWF, shuttlecock sintetis dapat memberikan efek terhadap ekonomi dan lingkungan, khususnya angsa. Pada ekonomi, shuttlecock sintetis diklaim lebih murah 25% daripada shuttlecock asli pada umumnya.

Harga shuttlecock yang lebih murah disebabkan oleh pembuatan bulu sintetis yang membuat shuttlecock sintetis lebih murah dan mudah dibuat. Untuk itu, tingkat produksi ini tentunya membuat pembelian shuttlecock sintetis lebih murah dan membuat pelatihan yang ada bisa menghemat biaya lebih banyak menurut riset BWF.

Karena itu, BWF memutuskan untuk menggunakan bulu sintetis sebagai pengganti bulu asli dari angsa mengingat hal ini tentunya dapat memberikan efek positif terhadap lingkungan dan juga kelestarian angsa yang ada.

Hal terakhir, BWF juga mengambil kesimpulan bahwa shuttlecock asli lebih cepat rusak ketimbang shuttlecock sintetis. Dalam sebuah pertandingan, shuttlecock yang ada bisa berganti beberapa kali sehingga terbilang boros. Shuttlecock sintetis terbilang lebih awet dan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Sekretaris jendral BWF, Thomas Lund mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai langkah positif untuk dunia dan penghematan budget. Meski terbilang baru, Lund menegaskan bahwa hampir semua pihak menyambut perubahan ini sebagai hal yang positif. Dengan begitu, lund optimis jika hal ini akan memberikan dampak positif terhadap bulutangkis.

error: