Rab. Okt 28th, 2020
Liga Super Bulu Tangkis China Sukses Terapkan Sistem Poin Baru

Sistem poin di ajang olahraga bulu tangkis dunia berpeluang mengalami perubahan seiring dengan keberhasilan China yang menerapkan sistem poin baru pada kompetisi cabor tersebut di Negara mereka.

Ya, di tengah-tengah pandemi covid-19 ini, China tetap menggelar Liga Super Bulu Tangkis 2020. Bahkan, kompetisi tersebut telah selesai sejak Senin kemarin (14/09).

PARTISIPASI CHEN LONG

Total ada 9 Juara dunia yang ikut serta dalam turnamen tersebut, termasuk diantaranya Chen Long yang menjadi juara bersama dengan klub Renzhou Qingdao.

Namun, bukan nama besar Chen Long yang menjadi sorotan dalam turnamen tersebut, melainkan reformasi sistem poin atau sistem penilaian.

Adapun sistem penilaian poin tersebut sendiri adalah 11×5 yakni 5 pertandingan dan 3 kemenangan, dimana setiap pertandingan adalah sistem 11 poin untuk poin servis.

PERTANDINGAN BERJALAN LEBIH CEPATs

Dari segi waktu, sebenarnya sistem poin baru ini terlihat lebih cepat, pasalnya sebagian besar pertandingan kebanyakan memakan waktu sampai 7 atau 8 menit saja. Sedangkan paling lama pertandingan berlangsung selama 10 menit.

Pada pertandingan hari ke-4 Liga, ada dua pertarungan akhir 10 menit antara tim Qingdao melawan tim Ruichang. Yakni ganda putra dan ganda campuran. Guo Xinwa / Huang Dongping hanya membiarkan lawannya mencetak 4 poin dalam 3 pertandingan.

Ritme permainan cepat seperti itu faktanya memang sangat jarang ditemui dalam sistem 21 poin yang biasa kita gunakan.

Hanya saja, para pemain disana beberapa kali mengeluhkan kehilangan konsentrasi mereka karena pertandingan berlangsung lebih cepat. Dengan kata lain, sistem poin baru ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang maksimal.

Wakil ketua Federasi Badminton China, Xia Xuanze percaya bahwa sistem 11 poin mengharuskan pemain untuk memasuki permainan lebih cepat dan dapat memperbaiki masalah slow heat.

Namun, sejauh ini belum diketahui apakah Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation bakal menerapkan sistem baru tersebut atau tidak.

Yang jelas, sistem ini akan membuat pertandingan berjalan lebih cepat dibandingkan sistem poin tradisional.

error: