Kam. Okt 22nd, 2020
Indonesia Pastikan Mundur dari Thomas dan Uber Cup 2020

Tim Nasional Indonesia telah memutuskan mundur dari kompetisi Thomas dan Uber Cup 2020 yang rencananya berlangsung di Aarhus, Denmar pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2020 mendatang.

Sebenarnya, keputusan ini cukup mengejutkan, mengingat selama beberapa pekan terakhir para atlet bulu tangkis sudah ikut serta pada ajang Simulasi untuk kompetisi tersebut.

ADA 2 ALASAN KUAT

Namun, Achmad Budiharto selaku Sekjen PP PBSI mengatakan bahwa Indonesia memiliki dua alasan kuat kenapa akhirnya memutuskan mundur dari kompetisi ini.

Alasan pertama adalah adanya kecemasan dari para atlet terhadap kemungkinan mereka akan terpapar Covid-19, baik dalam perjalanan, di tempat transit, maupun di tempat pertandingan.

Sedangkan alasa kedua, para atlet beserta ofisial merasa ragu untuk ikut berkompetisi di ajang tersebut karena tidak adanya jaminan keamanan dan kesehatan dari pihak Badminton World Federation atau BWF.

“Tim Indonesia dipastikan mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020, kami sudah mengirim surat ke Menpora dan akan segera mengirim pernyataan tertulis ke BWF mengenai hal ini.”

“Keputusan ini diambil setelah kami berdiskusi dengan para atlet dan tim ofisial,” kata Budiharto melalui keterangan tertulis, Jumat, 11 September 2020.

SEBENARNYA PARA ATLET SUDAH SEMANGAT IKUT SERTA

Dengan fakta bahwa PP PBSI telah menggelar Turnamen Simulasi Thomas dan Uber Cup 2020 sudah menunjukkan keseriusan dan semangat para atlet untuk tetap ikut serta dalam ajang tersebut.

Hanya saja, sekali lagi keselamatan dan kesehatan para atlet serta ofisial adalah yang utama di tengah pandemi seperti sekarang ini.

“Kalau ditarik dari awal, semuanya semangat karena melihat kesempatan yang begitu besar, tapi dalam perjalanan waktu dan mencermati perkembangan Covid-19 yang belum terselesaikan, baik di Indonesia maupun di negara lain, menimbulkan keraguan para atlet.”

Dengan keputusan ini, secara otomatis Indonesia juga tidak akan ikut berpartisipasi di ajang Denmark Open 1 dan Denmark Open II, sebagaimana keduanya adalah bagian dari Turnamen Seri Eropa.

Sebelumnya ada empat negara yang sudah mundur lebih dulu dari ajang ini, mereka adalah Australia, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan.

error: