Jum. Okt 30th, 2020
Fakta PB Djarum, Badan Yang Berjasa atas Bulutangkis Indonesia

Infobadminton.com – Fakta Badminton – PB Djarum sempat bertikai dengan KPAI mengenai beasiswa yang diberikan kepada anak-anak muda Indonesia. Di tahun 2020, mereka resmi tidak memberikan beasiswa lagi kepada anak-anak muda sesuai dengan kesepakatan yang ada.

Meski demikian, ada sejumlah hal menarik yang patut dilihat dari PB Djarum. Berdiri sejak lama, mereka telah sukses melahirkan sejumlah bakat-bakat membanggakan untuk badminton Indonesia. Berikut fakta-fakta menarik mengenai PB Djarum.

Awalnya hanya tempat bermain bulutangkis saja

Diresmikan pada tahun 1974, PB Djarum sejatinya sudah berdiri sejak 1969. Kala itu, PB Djarum hanya berfungsi sebagai wadah bagi karyawan Djarum yang hobi main bulutangkis. Yang unik, para karyawan sempat menggunakan alat-alat untuk melinting rokok untuk bermain bulutangkis.

Setelah itu, wadah tersebut berkembang sebagai tempat bertemu dari sejumlah orang yang ada untuk bermain badminton termasuk para atlet bulutangkis. Tempat ini akhirnya terus berevolusi menjadi tempat pembinaan untuk atlet bulutangkis hingga sekarang.

Liem Swie King: atlet paling berprestasi

Di awal kemunculannya, PB Djarum sudah memiliki sosok atlet berprestasi yang menjadi pemain legendaris dalam sejarah badminton Indonesia,  Liem Swie King. Liem berhasil menjadi juara badminton junior se Jawa Tengah pada tahun 1972. Yang menarik, ia berhasil meraihnya saat ia berusia 15 tahun.

Setelah itu, ia terus melesat bak peluru dan meraih sejumlah gelar baik di turnamen lokal maupun internasional. Nama King terus naik sebagai pemain hebat dan disukai banyak orang. Bukan itu saja, ia juga diangkat menjadi sebuah cerita dalam film “King”.

Bukti sumbangsih bagi prestasi badminton Indonesia

PB Djarum berada di bawah naungan Djarum Foundation yang dikepalai oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Dalam website Djarum, mereka menjelaskan bahwa keberadaan PB Djarum merupakan salah satu dari lima bakti yang diberikan oleh Djarum bagi kemajuan olahraga Indonesia khususnya bidang badminton.

Selain PB Djarum, Djarum juga sempat mengadakan acara main bareng bulutangkis dan juga turnamen berskala internasional. Turnamen ini terus berjalan hingga sekarang dan mengundang sejumlah pemain papan atas dunia mulai dari Lin Dan dan juga Lee Chong Wei.

error: