Sab. Okt 24th, 2020
Fakta Badminton

Infobadminton.comFakta Badminton – Badminton merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia dengan beragam fans yang ada. Kini, ada banyak orang yang menonton pertandingan tersebut dan rela menghabiskan uang untuk membeli tiket guna menontonnya secara langsung.

Bisa dibilang, ada beragam kejuaraan dunia yang ada di dunia dan ada banyak negara yang menonton laga tersebut. Berikut, fakta-fakta penting yang tidak Anda duga bisa terjadi dalam olahraga badminton yang patut Anda ketahui.

  1. Dominasi Asia di olahraga badminton

Sejak masuk sebagai cabor Olimpiade pada tahun 1992, olahraga ini didominasi oleh para pemain Asia yang telah meraih kemenangan sebanyak 93 kemenangan dari 103 kemenangan Olimpiade.

Negara-negara bulutangkis yang tercatat paling sukses di dunia adalah negara Cina dan Indonesia, yang telah memenangkan hampir 70% dari semua laga yang ada di turnamen-turnamen badminton kelas dunia yang ada hingga sekarang.

Piala Thomas, kejuaraan dunia tim putra, telah dimenangkan paling sering oleh tiga negara sejak dimulai pada tahun 1948 yakni Malaysia, Indonesia dan Cina.

  1. Badminton merupakan olahraga paling populer kedua di dunia

Menurut data, Badminton diklaim sebagai olahraga terpopuler kedua di dunia setelah sepakbola.

Untuk pertama kalinya bulutangkis dimasukkan dalam Olimpiade 1992, dan sudah ada sekitar 1,1 miliar orang di dunia yang menonton langsung olahraga tersebut. Hal ini membuktikan kepopuleran badminton yang membuat banyak orang tertarik untuk menonton laga tersebut.

  1. Pertandingan paling cepat hanya berlangsung selama 6 menit saja!

Pertandingan bulutangkis terpendek pernah berlangsung di Piala Uber 1996 di Hong Kong dan laga yang ada hanya berjalan selama enam menit saja.

Kala itu, Ra Kyung Min dari Korea Selatan sukses mengalahkan Julia Mann yang berasal dari Inggris hanya dalam 6 menit saja. Hingga kini, rekor itu belum terpecahkan sama sekali sehingga, Ra Kyung Min tetap memegang rekor sebagai pemain yang mampu mengalahkan musuhnya hanya dalam 6 menit saja.

  1. Tali raket bulutangkis terbuat dari lapisan perut kucing

Sementara, selama bertahun-tahun, sebagian besar pemain sudah mulai menggunakan string sintetis, beberapa pemain masih menggunakan raket yang terbuat dari lapisan perut kering seperti kucing atau sapi.

error: