Sab. Okt 24th, 2020
Pemain Badminton Indonesia di SEA Games

Infobadminton.comFakta Badminton – Selama berlaga di kompetisi SEA Games, timnas Indonesia telah mencetak banyak prestasi. Mulai dari medali yang mereka peroleh hingga berbagai macam rekor yang telah dicetak sehingga hal ini memberikan hal positif bagi banyak orang terutama mereka yang ingin berlaga disana.

Dalam cabor badminton, Indonesia kerap mengirimkan 20 wakil terbaik dengan 10 putra dan 10 putri. Mereka semua terbagi kedalam beberapa cabang yang sama-sama dimainkan untuk meraih medali. Berikut rekor-rekor yang pernah tercetak selama mereka berlaga di ajang SEA Games.

Sapu bersih emas sebanyak 4 kali

Sejak pertama kali ikut serta di SEA Games pada 1977, Indonesia telah menyabet sejumlah medali. Salah satu prestasi terbaik pernah mereka cetak dengan menyapu bersih emas sebanyak 4 kali. Prestasi ini menjadi yang terbaik karena hanya sedikit negara yang mampu melakukannya.

Hal itu terjadi pada tahun 1981, 1987, 1997, dan 2007. Ada 2 orang pemain bulutangkis yang paling berperan yakni Ivana Lie dan Liem Swie King. Keduanya dikenal sebagai pebulutangkis legendaris yang berhasil mempersembahkan banyak prestasi bagi Indonesia.

Ganda campuran menyumbangkan paling banyak emas

Hingga kini, sektor ganda campuran menjadi sektor yang menyumbangkan paling banyak emas. Selama keikutsertaan mereka, Indonesia telah mendapatkan 18 emas dari ganda campuran. Prestasi ini menjadi yang terbaik, mengingat mereka dikenal akan pasangan ganda campuran terbaik.

Indonesia memang tidak pernah kehabisan stok pemain hingga kini karena ada banyak pemain yang berhasil menyumbangkan emas bagi negara, sehingga mereka tidak pernah kesulitan dalam mencari pemain terbaik bagi mereka.

Daftar pemain terukses dalam SEA Games

SEA Games mencatatkan banyak rekor terutama bagi Indonesia. Dalam soal paling banyak, Verawaty Fajrin sukses tercatat sebagia pemain yang paling banyak menyumbangkan emas dengan catatan 5 medali serta Rosiana Tendean yang mencatatkan porsi yang serupa.

Sementara itu, pemain bulutangkis pria yang paling sukses adalah Christian Hadinata dengan 4 medali emas yang juga diikuti oleh Eddy Hartono. Dari daftar yang ada, pemain badminton wanita paling banyak menyumbangkan emas.

error: