Sab. Okt 24th, 2020
Ivana Lie

Infobadminton.comFakta Pemain – Dunia badminton Indonesia terkenal sebagai salah satu poros kekuatan badminton dunia. Tidak terhitung banyaknya atlet yang telah dihasilkan dari berbagai macam akademi badminton yang ada di tanah air. Sebelum adanya akademi itu, muncul sejumlah pemain badminton legendaris.

Salah satu pemain legendaris yang lahir adalah Ivana Lie. Namanya kerap dilupakan banyak orang dan tenggelam dibandingkan nama-nama tenar seperti Susi Susanti, Liem Swie King, Rudy Hartono dan juga nama-nama lainnya. Namun, nama sang pemain tidak dapat dilupakan karena ia berperan penting dalam sejarah badminton Indonesia.

Sempat tidak bernegara selama 5 tahun

Kenyataan pahit harus dirasakan oleh Ivana Lie karena, ia sempat tidak bernegara sama sekali meski tinggal di Indonesia. Hal ini dikarenakan sulitnya mengurus surat warga negara Indonesia meskipun ia lahir di Indonesia. Selain itu, orang tua Ivana Lie berasal dari China sehingga ia kesulitan mendapatkannya.

Ia sempat putus asa karena ia tidak mendapatkan surat selama 5 tahun. Setelah ia akhirnya mendapatkan surat warga negara Indonesia pada tahun 1982. Setelah mendapatkan surat itu, ia sempat berkarir selama 8 tahun lagi sebelum memutuskan untuk gantung raket dan beralih menjadi pelatih bulutangkis.

Kehidupan setelah gantung raket

Setelah gantung raket, ia tidak pindah ke hal lainnya, ia tetap berkarir di bulutangkis, ia menjadi pelatih dan juga memiliki bisnis pakaian sport bernama Elvana. Hal itu juga memunculkan Namanya kembali sebagai salah satu pelatih bulutangkis yang top, karena ia berhasil menjadi pelatih yang mengorbitkan sejumlah nama tenar.

Tentunya, nama Ivana Lie juga dikenal sebagai sosok pelatih yang keras karena ia mengutamakan ketegasan saat berlatih, sehingga ia menjadi sosok pelatih yang hebat dan dikenang hingga sekarang.

Aktif di PT. Djarum dan staf khusus Menteri Andi Mallarangeng

Di tahun 2000an, ia akhirnya berkarir di PT. Djarum dan juga sempat menjadi staf khusus dari Andi Mallarangeng yang sempat menjabat sebagai Menteri olahraga. Tentunya, hal ini membuat Namanya terus berkibar karena ia tetap berkarir di olahraga badminton.

error: